Tips Kencan Online Aman Agar Terhindar dari Penipuan

Kencan online atau yang trend dengan istilah Dating Online begitu diminati di masa pandemi. Sayangnya belakangan ini kita cukup dibuat khawatir dengan The Tinder Swindler yang membuat kesan kencan online menjadi tidak aman, dan berpotensi sebagai ajang penipuan.

Dalam tayangan film dokumenter Netflix yang rilis beberapa waktu yang lalu, diceritakan kisah Simon Leviev, seorang penipu ulung yang menjaring korban-korbannya melalui aplikasi dating online. Tayangan ini  dirilis berdasarkan investigasi jurnalis Norwegia pada tahun 2019. Simon Leviev diketahui memikat korban-korbannya dengan romantisme seorang pangeran tampan nan kaya raya. Simon Leviev juga menampilkan dirinya berlimpah harta dan royal pada pasangannya. Tanpa disadari, sebenarnya Leviev sedang memeras teman kencan alias korbannya ini secara perlahan.

Kasus penipuan dan pemerasan yang berawal dari kencan online ini tidak serta-merta menjadikan setiap pelaku kencan online berpotensi sebagai penipu seperti Leviev. Namun, ada baiknya kalian “menyiapkan payung sebelum hujan” dengan menerapkan beberapa tips kencan online yang aman berikut ini.

7 Tips Kencan Online Aman

1.Menampilkan informasi seperlunya saja

Setiap peserta kencan online pastinya ingin dikenal dengan baik meskipun hanya melalui sebuah aplikasi. Tetapi, bukan berarti kamu harus menampilkan informasi diri secara mendetil, seperti menyebutkan nama lengkap, tanggal lahir, juga tempat bekerja.

Peserta kencan online cukup mencantumkan nama panggilan saja. Jangan juga menggunakan nama panggilan kesayangan yang pada umumnya hanya diketahui oleh orang dekat atau orang yang benar-benar mengenal kita.

Selain itu hindari mencantumkan detil akun sosial media yang kita miliki untuk meminimalisir pemanfaatan akun kamu untuk hal-hal yang kurang bertanggung jawab.

2. Jalani kencan online tanpa terburu-buru melakukan ‘kopi darat’

Ketika melakukan kencan online berarti kamu telah menyetujui untuk melakukan interaksi melalu aplikasi kencan online. Namun, kamu tak perlu teburu-buru melakukan komunikasi melalui jalur personal, seperti WhatsApp atau bertemu muka.

Saat kencan online, usahakan untuk membahas hal-hal yang bersifat umum dan cari tahu lebih banyak tentang teman kencan online kamu. Hindari membahas hal yang terlalu personal karena hal-hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk perbuatan yang tidak diinginkan.

3. Periksa foto profilnya.

Beberapa indikasi yang melibatkan foto profil teman kencan online juga bisa dijadikan peringatan tentang kemungkinan terjadinya penipuan. Misalnya jika teman kencan online kalian tidak menampilkan foto, atau hanya menampilkan satu foto yang terlalu tampan atau cantik dan terlihat kurang realistis.

4. Waspada jika si dia banjir perhatian

Setiap orang pasti ingin diperhatikan. Namun dalam hubungan teman kencan online yang belum memiliki komitmen apapun, banjir perhatian atau love bombing justru menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai.

5. Buat janji untuk bertemu

Jika kamu sudah yakin bahwa teman kencan online-mu ini riil, dan sudah dibuktikan melalui video call, maka tidak ada salahnya untuk membuat janji bertemu.

Sebuah sumber menyatakan bahwa terlalu lama bercakap-cakap melalui aplikasi atau chat personal membuka peluang bagi teman kencan kamu untuk menjalin hubungan dengan banyak orang. Bahkan mungkin tidak ada keinginan untuk menemuimu.

Jadi, ada baiknya ajak ia bertemu. Jika ia susah atau tidak mau diajak bertemu, maka kamu patut waspada karena bisa jadi teman kencan kamu menggunakan aplikasi kencan online untuk tujuan lain.

6. Bertemu di tempat umum

Memilih lokasi kencan di tempat umum dapat meminimalisir peluang terjadinya kejahatan.  Hindari melakukan kencan pertama di tempat-tempat yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan pertolongan jika situasi dirasa tidak nyaman dan aman.

Pilihlah tempat kencan yang mudah diakses kendaraan pribadi juga transportasi umum sehingga kamu lebih mudah untuk pergi jika terpaksa ingin meninggalkan tempat kencan.

7. Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi berkencan

Beberapa hal seperti menginformasikan pada keluarga atau teman mengenai rencana pertemuan dengan teman kencan online, di mana lokasinya dan kapan waktu bertemunya. Semua itu perlu dilakukan untuk kemudahan dalam melacak lokasimu.

Selain itu, pastikan baterai ponsel penuh dan memiliki jaringan internet. Tempatkan nomor kontak keluarga atau teman dekat pada daftar emergency call sehingga mudah untuk menghubungi mereka jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu tadi beberapa tips kencan online yang perlu dilakukan agar aman, sehingga kejadian seperti The Tinder Swindler tidak terjadi pada kalian. Selain itu pastikan kamu tidak gampang percaya pada tampilan luar teman kencan online. Pelajari dan gali informasi dengan seksama dan tak perlu terburu-buru untuk berkomitmen lebih serius.

 

 

Tinggalkan komentar